Menu

5 Alasan Mengapa Software dan Aplikasi Bajakan Masih Banyak Digunakan

0 Comments


Softwate Komputer – Pada tahap ini, kita semua harus mengakui bahwa ada banyak sekali masalah pem bajakan yang terjadi di dunia digital. Terutama untuk para pengguna komputer. Entah itu masalah dari bagaimana mereka berinteraksi di dunia maya, bagaimana mereka memperlakukan produk dan gadget digital mereka, hingga masalah paling pelik yang rasanya membuat semua developer software dan aplikasi di seluruh dunia geram : menggunakan software serta aplikasi bajakan.

Sekarang, bila kembali ditanyakan, mengapa masih ada orang yang menggunakan software serta aplikasi bajakan? Jawabannya akan beraneka ragam. Meski pada faktanya saat ini, software dan aplikasi yang asli justru jauh lebih mudah didapatkan dari pada yang bajakan. Yang mana mungkin mereka harus sembunyi-sembunyi mencari di forum atau membeli dari orang tertentu.

lalu, mengapa masih menggunakan software serta aplikasi bajakan?

1. Harga software asli terlalu mahal

Tentu saja ini yang akan diberikan oleh pengguna komputer sebagai alasan ketika ditanya mengapa mereka membeli software serta aplikasi bajakan, dan bukannya yang asli. Software asli, katakan saja seperti software sistem operasi Windows dari Microsoft yang asli berharga hingga Rp 1,5 juta. Tak murah memang terlebih bila dibandingkan untuk yang bajakan mungkin hanya seharga Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu. Masuk akal memang.

Namun yang sepertinya dilupakan oleh pengguna, software yang asli meski berharga mahal memiliki banyak sekali keuntungan. Salah satunya jaminan pelayanan dari developer dalam waktu yang lama. Yang berarti, kamu akan terus mendapat update untuk perubahan terbaru. Dan pengalaman keseluruhan yang lebih baik ketika menggunakan.

2. Tak punya kartu kredit

Alasan lain dari banyaknya pengguna software serta aplikasi bajakan adalah karena tak memiliki kartu kredit. Memang sih karena untuk membeli sebuah aplikasi atau software resmi akan dibutuhkan kartu kredit. Atau PayPal, yang juga akan meminta kartu kredit sebagai cara verifikasinya. Karena inilah akhirnya banyak opengguna yang memilih untuk membeli software serta aplikasi bajjakan yang lebih mudah.

Padahal ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Yang pertama tentu saja dengan membeli secara langsung dimana saat ini sudah ada banyak sekali toko atau retailer resmi dari Microsoft yang menjual software asli Windows.

3. Hanya digunakan sekali!

Ogah sekali rugi, banyak orang yang memilih menggunakan software serta aplikasi bajakan untuk yang jarang mereka gunakan. “Toh tak akan sering digunakan,” Padahal tak perduli sering atau tidaknya kamu menggunakan sebuah aplikasi, software yang bajakan tetap saja bajakan. Dan ada hukuman resmi mengenai penggunaan dan penyebarannya.

Sebenarnya sebagai alternatif, bila kamu emrasa hanya akan menggunakan sebuah software atau aplikasi untuk sesekali atau dalam waktu yang pendek, minta saja trial untuk menggunakan aplikasi tersebut. Trial ini biasanya diberikan gratis dalam waktu 2 minggu atau 30 hari sebelum kamu harus membayar atau membeli software dan aplikasi tersebut.

4. Semua orang melakukan

Hanya karena semua orang melakukan hal tersebut, bukan berarti kamu juga harus melakukannya. Ingat ya, menggunakan software serta aplikasi bajakan merupakan tindakan kriminal. Yang nantinya bisa membuat kamu mendapatkan hukuman yang serius. Dan hukuman tersebut, tak ada hubungan dengan apakah orang lain juga melakukan itu atau tidak.

Dan tak ada salahnya kok untuk melakukan hal yang berbeda dan tak menggunakan software serta aplikasi bajjakan. Bukan begitu? Terlebih lagi, bayangkan lagi betapa banyak keuntungan yang bisa didapat dari menggunakan aplikasi dan software asli tersebut.

5. Tak sadar kita membajak

Ya, ini juga mungkin terjadi. Dan seringnya, pada sistem operasi Microsoft Windows. Kecurangan kadang kala terjadi pada supplier atau teknisi komputer yang memberikan software serta aplikasi bajakan pada laptop kamu. Dan bukannya yang asli. Atau malah parahnya, kamu membeli laptop bekas dan ternyata sistem operasi di dalamnya adalah sistem operasi bajakan atau palsu.

Untuk menghindari hal ini terjadi, kenali benar-benar bagaimana ciri-ciri dari sistem operasi, dan software serta aplikasi bajakan dan bagaimana yang asli. Selain itu pastikan mendapatkan software dari sumber yang terpercaya.

Tags: , , , , , , , ,